FESTIVAL SERABI SURO #6 LINGKUNGAN DADAPTULIS DALAM KELURAHAN DADAPREJO

  • wicaksono
  • Aug 03, 2024

Serabi Suro Dadaprejo adalah makanan tradisional asal Kota Batu yang terkenal akan kelezatannya dan keunikannya. Pembuatan Serabi Suro Kelurahan Dadaprejo melibatkan teknik dan bahan - bahan khas yang menjadikan begitu istimewa. Setiap Langkah dalam proses pembuatannya menyimpan cerita dan tradisi yang turun temurun sehingga hidangan ini menjadi salah satu ikon khas daerah selama bertahun - tahun sehingga  membuat event kuliner  yang bernama " FESTIVAL SERABI SURO"

 

Festival Serabi Suro salah satu bentuk pelestarian tradisi budaya dari warga masyarakat atau juga bisa dikatakan sebagai event kuliner tradisional yang ada di Kota Batu. Festival Serabi Suro ini dilaksanakan pada hari kamis kliwon dan jumat legi  tanggal  1-2 Agustus 2024, Bertempat di Lingkungan Dadaptulis, Kelurahan Dadaprejo Kota Batu.

Acara ini dimulai dari kirab tumpeng serabi suro diiringi pawai dari masyarakat dadaptulis, dilanjutkan dengan Ritual Dungo Ujub Serabi Suro dan dilanjutkan dengan Tari Kolosal Sekar Serabi Suro. Para pengunjung bukan hanya menikmati jajanan tradisional, tetapi juga dihibur oleh kesenial lokal baik dari dadaprejo maupun dari Kota Batu. Mulai Dari Bantengan, Jaranan, dan Glendho Barong. 

Festival Serabi Suro ini adalah agenda tahunan yang rutin di selenggarakan. Semoga Festival ini masyarakat bisa terus bergerak untuk melestarikan dan mengenalkan kekayaan budaya kita ke masyarakat luas, bahkan sampai ke mancanegara.

•••
 

Follow Social Media 
Instagram : @kelurahandadaprejo
Youtube : Dadaprejo TV